Komponen Penting Saat Membuat Konten Marketing |
Konten marketing sangat
penting peranannya dalam menunjang aktivitas promosi bisnis. Bentuk konten pemasaran
sangat beragam, seperti artikel dan video. Setiap pebisnis bisa menerapkan
model konten marketing yang dibutuhkan. Agar konten tersebut bisa berfungsi dengan
baik, beberapa komponen ini sangat penting diperhatikan?
Bisa memenuhi
kebutuhan konsumen
Konten marketing seharusnya
bisa menjawab segala kebutuhan konsumen yang tidak diberikan oleh produk
kompetitor atau pesaing, termasuk segala masukan dan komplain yang diberikan
oleh pelanggan setia bisnis Anda. Jadi sebelum
produk atau jasa ditawarkan, pastikan bisa memenuhi kebutuhan konsumen. Sehingga
layanan yang diberikan menjadi solusi bagi konsumen.
Menjaga
konsistensi konten
Konsisten adalah kunci dari penulisan konten ini, hal
ini berkaitan dengan gaya penulisan, pemakaian tanda baca dan sebagainya yang menjadikan tulisan
memiliki ciri khas. Sehingga pembaca
dengan mudah mengenali tulisan yang disajikan. Sebuah bisnis profesional akan
sangat memperhatikan komponen tersebut. Termasuk juga konsistensi dalam
mengirim email atau newsletter pada pelanggan, bisa berdurasi harian, mingguan
bisa juga bulanan.
Konten mudah
dipahami
Konten disajikan untuk semua pembaca, sehingga harus
mudah dipahami oleh berbagai kalangan. Untuk memudahkannya, pastikan target
penulisan konten. Buatlah konten dengan bahasa yang lebih mudah dicerna, singkirkan
istilah asing yang mungkin awan bagi kebanyakan orang. Kalaupun harus
dicantumkan harus disertai penjelasan. Dengan begitu pembaca akan mudah
memahami atas tulisan Anda. Konten yang sulit dimengerti akan ditinggalkan pembaca.
Menentukan
sudut pandang yang jelas
Penulisan konten yang diberikan bisa mengikuti sudut
pandang dari perusahaan atau bisnis Anda. Tapi jangan lupa untuk memberikan
solusi yang tepat bagi pembaca. Berikan mereka solusi atas segala kebutuhan
yang pembaca inginkan. Sehingga Anda bisa menuntun pembaca kepada penawaran
produk bisnis Anda.
Sebaiknya
jauhkan dari kata “penjualan”
Meskipun Konten
marketing dibuat untuk mengarahkan pembaca pada bisnis Anda. Tapi sebaiknya
menjauhi hal yang berkaitan dengan penjualan. Karena pembaca terkadang sangat
terganggu dengan konten yang banyak beisi mengenai penjualan. Jadi berikan apa yang pembaca inginkan, tidak
hanya fokus bagaimana si pembaca bisa menjadi konsumen. Apabila pembaca merasa
konten Anda memberikan solusi yang dibutuhkan, maka pembaca ingin mengetahui
produk bisnis lebih banyak dan menjadi pelanggan setia.
Dari uraian di atas menegaskan kalau keberadaan Konten marketing sangatlah penting.
Terutama dalam mendekatkan diri kepada target bisnis dengan memberikan segala
solusi atas kebutuhan konsumen. Apabila pembaca menyukai konten yang Anda
sajikan, maka kemungkinan besar produk atau yang ditawarkan akan lebih mudah
diterima oleh pasar.
Penulis KontenWeb akan membantu Anda dalam menciptakan Konten Marketing berkualitas yang mendukung bisnis Anda. Pemesanan
artikel dapat menghubungi 089661117879
atau email asakudin@gmail.com.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar